Saturday, December 17, 2011

Fakta : Seni Mandi Ala Orang Jepang

Berlainan dengan orang Indonesia atau mungkin negara lain yang mementingkan mandi pada pagi hari dan biasanya mandi dua kali sehari, orang Jepang mementingkan mandi pada malam hari sebelum tidur saja, sedangkan pagi mereka biasanya merasa tidak perlu mandi. Lohh ?? Mengapa demikian .. Alasannya, pagi hari badan kita masih bersih karena belum kemana-mana, buat apa mandi? Sedangkan pada malam hari mereka menanggap badan mereka kotor, karena sehabis bekerja dan bepergian, banyak mengeluarkan keringat, maka perlu membersihkannya dengan ofuro. Sehabis mandi bukan saja mereka menganggap badan bersih melainkan juga perasaan menjadi segar sehingga tidur pun bisa nyenyak. Ohh ternyata begitulah rekan-rekan sekalian, jadi jangan heran ya, jikalau kita memiliki kenalan orang Jepang yang berkebiasaan seperti itu.

Sekarang, mungkin ada yang bingung, ofuro wa nani desuka (apa itu ofuro?) . Ofuro adalah mandi cara orang Jepang dengan berendam di air hangat. Hangat pada ofuro bagi mereka biasanya lebih dari 40 derajat.

Pada musim gugur, orang Jepang memiliki kebiasaan pergi berendam air hangat ke tempat-tempat khusu yang disebut onsen. Biasanya dekat sumber air panas di pegunungan. Onsen bukan hanya sekedar tempat berendam air hangat, melainkan sekaligus penginapan dan tempat makan. Jadi, ongkos menginap di onsen meliputi ongkos menginap, mandi berendam, dan makan malam. Eiitt, karena sudah menjadi kebiasaan, oleh karena itu onsen pada musim gugur selalu penuh dengan tamu, jadi harus dipesan dahulu dari jauh-jauh hari. Onsen biasanya disajikan secara alami, yang ditengah sejuknya alam pegunungan (walau onsen tidak hanya di gunung) yang tentunya memiliki batasan antar kolam onsen

0 comment :

Post a Comment